Fitur Produk
1. Registrasi User (Pengguna) dan Perusahaan
Kita terlebih dahulu bisa mencoba aplikasi dokuku melalui fasilitas coba Dokuku tanpa registrasi menggunakan akun FacebookConnect dan TwitterConnect.
2. Lengkapi Data Produk
Daftarkan informasi produk yang kita miliki pada menu Pengaturan/Produk. Untuk dapat menganalisa produk lebih baik, aplikasi Dokuku juga menyediakan grup produk. Lengkapi terlebih dahulu informasi grup. Sebagai contoh, makanan, minuman, kosmetik, dll. Dengan demikian, laporan analisa penjualan per produk nantinya akan lebih tersusun secara rapi.
3. Daftarkan Nama Pelanggan
Lengkapi nama pelanggan pada menu utama Pelanggan. Ada cukup banyak kolom informasi pelanggan yang disediakan, lengkapi seperlunya sesuai kebutuhan kita. Namun, untuk kepentingan pembuatan dokumen, informasi yang mutlak harus kita lengkapi adalah Nama, Mata Uang, Termin, dan Alamat Pelanggan. Tambahkan informasi alamat e-mail untuk fasilitas auto e-mail dokumen pada saat transaksi dicatat.
4. Catat Transaksi Penjualan
Ada empat jenis transaksi penjualan yang disediakan aplikasi Dokuku Sales saat ini. Penawaran Harga (Quotation), Faktur (Invoice), Penerimaan, dan Retur Penjualan (Sales Return). Surat Penawaran Harga adalah dokumen permulaan untuk menawarkan harga produk yang diminati oleh Pelanggan. Penerbitan dokumen ini tidak akan berpengaruh pada munculnya piutang dan penjualan. Transaksi selanjutnya adalah Faktur (Invoice) untuk dikirimkan sebagai tagihan ke pelanggan. Transaksi ini juga akan mencatat timbulnya pos piutang dan penjualan.
Untuk memudahkan pengguna dalam mencatat transaksi, aplikasi Dokuku menyiapkan menu copy otomatis untuk melanjutkan pencatatan penawaran harga menjadi faktur. Klik tombol Jadikan Faktur pada form transaksi penawaran harga. Dengan fasilitas ini, kita tidak perlu mencatat ulang item produk pada penawaran harga di transaksi faktur (invoice).
Untuk mencatat pelunasan faktur (invoice), gunakan menu penerimaan. Aplikasi Dokuku memungkinkan kita untuk mencatat penerimaan faktur secara full maupun parsial. Kita juga dapat mencatat pelunasan beberapa faktur sekaligus dalam satu form transaksi penerimaan. Jika terjadi retur penjualan, gunakan menu Nota Kredit. Kita dapat mengurangi piutang pelanggan dengan nota kredit ini pada saat transaksi penerimaan.
Dengan memahami 4 langkah sederhana di atas, maka kita sudah bisa menikmati berbagai laporan-laporan analisa real time yang disediakan aplikasi Dokuku. Ubah cara kerja manual Anda dan beralihlah segera ke Aplikasi Cloud.
Kita terlebih dahulu bisa mencoba aplikasi dokuku melalui fasilitas coba Dokuku tanpa registrasi menggunakan akun FacebookConnect dan TwitterConnect.
2. Lengkapi Data Produk
Daftarkan informasi produk yang kita miliki pada menu Pengaturan/Produk. Untuk dapat menganalisa produk lebih baik, aplikasi Dokuku juga menyediakan grup produk. Lengkapi terlebih dahulu informasi grup. Sebagai contoh, makanan, minuman, kosmetik, dll. Dengan demikian, laporan analisa penjualan per produk nantinya akan lebih tersusun secara rapi.
3. Daftarkan Nama Pelanggan
Lengkapi nama pelanggan pada menu utama Pelanggan. Ada cukup banyak kolom informasi pelanggan yang disediakan, lengkapi seperlunya sesuai kebutuhan kita. Namun, untuk kepentingan pembuatan dokumen, informasi yang mutlak harus kita lengkapi adalah Nama, Mata Uang, Termin, dan Alamat Pelanggan. Tambahkan informasi alamat e-mail untuk fasilitas auto e-mail dokumen pada saat transaksi dicatat.
4. Catat Transaksi Penjualan
Ada empat jenis transaksi penjualan yang disediakan aplikasi Dokuku Sales saat ini. Penawaran Harga (Quotation), Faktur (Invoice), Penerimaan, dan Retur Penjualan (Sales Return). Surat Penawaran Harga adalah dokumen permulaan untuk menawarkan harga produk yang diminati oleh Pelanggan. Penerbitan dokumen ini tidak akan berpengaruh pada munculnya piutang dan penjualan. Transaksi selanjutnya adalah Faktur (Invoice) untuk dikirimkan sebagai tagihan ke pelanggan. Transaksi ini juga akan mencatat timbulnya pos piutang dan penjualan.
Untuk memudahkan pengguna dalam mencatat transaksi, aplikasi Dokuku menyiapkan menu copy otomatis untuk melanjutkan pencatatan penawaran harga menjadi faktur. Klik tombol Jadikan Faktur pada form transaksi penawaran harga. Dengan fasilitas ini, kita tidak perlu mencatat ulang item produk pada penawaran harga di transaksi faktur (invoice).
Untuk mencatat pelunasan faktur (invoice), gunakan menu penerimaan. Aplikasi Dokuku memungkinkan kita untuk mencatat penerimaan faktur secara full maupun parsial. Kita juga dapat mencatat pelunasan beberapa faktur sekaligus dalam satu form transaksi penerimaan. Jika terjadi retur penjualan, gunakan menu Nota Kredit. Kita dapat mengurangi piutang pelanggan dengan nota kredit ini pada saat transaksi penerimaan.
Dengan memahami 4 langkah sederhana di atas, maka kita sudah bisa menikmati berbagai laporan-laporan analisa real time yang disediakan aplikasi Dokuku. Ubah cara kerja manual Anda dan beralihlah segera ke Aplikasi Cloud.
0 komentar:
Posting Komentar